Page 10 - Majalah Keimigrasian Bhumipura Edisi VI Tahun 2018
P. 10

memberikan efek yang sangat positif dalam      berbagai  perbaikan  dan  inovasi  dalam
               perkembangan selanjutnya. Pemohon hanya        penerapan  sistem  antrean  baru  ini  sudah
               perlu  memiliki  akun  G-Mail  dan  Facebook   dilakukan dari atas ke bawah yaitu dari Tim
               untuk bisa langsung melakukan pendaftaran      Dirlantaskim,  pihak  Vendor,  Kanwil,  hingga
               akun  baru  tanpa  verifikasi.  Kemudian,      Kanim sebagai pelaksana. Selain perbaikan
               permohonan  antrean  juga  bisa  dibuat  pada   yang  dilakukan  dari  pusat,  Masing-masing
               hari  yang  sama  saat  kedatangan  di  kantor   kantor  imigrasi  juga  membuat  inovasi
               Imigrasi. Selama kuota yang tersedia belum     perbaikan seperti pembuatan alur atau cara
               habis  dan  waktu  kedatangan  yang  dipilih   pendaftaran ataupun brosur FAQ (Frequently
               belum  terlewat,  pemohon  bisa  langsung      Asked Questions) atas setiap permasalahan
               mendaftar antrean pada saat itu juga. Hal ini   yang  ada  untuk  memberikan  respon  yang
               tentu sangat memudahkan masyarakat yang        lebih  baik  atas  kendala  langsung  yang
               sudah datang namun belum memiliki antrean.     dihadapi  masyarakat.  Masyarakat  di  Bali
               Perbaikan  sistem  ini  juga  diikuti  dengan   diharapkan  menjadi  terbiasa  dan  bisa
               antrean     manual/walk-in    yang     mulai   merasakan  manfaat  dari  sistem  baru  ini
               dihilangkan  dan  sistem  antrean  online      karena  akan  menjadi  tolok  ukur  ke  depan
               berlaku  penuh  untuk  umum.  Khusus  untuk    sebelum akhirnya nanti akan diimplentasikan
               pemohon  kategori  rentan,  antrean  manual/   secara nasional jika sesuai rencana awal.
               walk-in  masih  diberlakukan  atas  dasar             Perkembangan  Uji  Coba  Sistem
               pelayanan  khusus.  Pemohon  paspor  umum      Antrean Online baru ini secara umum masih
               bisa  masuk  ruang  wawancara  dan  foto       terkendali  dan  berjalan  dengan  baik  hingga
               biometrik  hanya  apabila  namanya  sudah      November  2018.  Namun  begitu,  sistem  ini
               terdaftar di sistem. Data statistik di Kanimsus   sesungguhnya   tetap    harus    dikelola,
               Ngurah Rai menunjukkan peningkatan yang        ditingkatkan,  dan  dikembangkan  lagi  agar
               cukup tinggi yaitu total ada 251 permohonan    lebih  sempurna  karena  tetap  ada  masalah-
               antrean    online   pada   bulan    Agustus.   masalah  kecil  pada  kesisteman  yang
               Perkembangan        positif    ini    sangat   meskipun  tidak  signifikan  namun  bisa
               menggembirakan  karena  perlahan-lahan         mengganggu  pelayanan  pemohon  antrean.
               sistem ini mulai berjalan dengan baik dengan   Selanjutnya, semoga Sistem Antrean Paspor
               mampu  menertibkan  dan  memudahkan            Online  V.2  ini  bisa  dikembangkan  lagi  tidak
               masyarakat.  Peningkatan  ini  terus  berlanjut   hanya  sebatas  antrian  saja  namun  juga
               pada  bulan-bulan  berikutnya.  Ada  total  755   mempermudah  pemohon  dalam  penulisan
               permohonan  pada  bulan  September  dan        formulir  sehingga  pengisian  data  cukup
               meningkat  lagi  pada  bulan  Oktober  dan     dilakukan  ketika  melakukan  pendaftaran
               November  dengan  991  dan  931  total         online  dan  pemohon  paspor  hanya  tinggal
               permohonan.  dari  sini  terlihat  bagaimana   mencetak saja saat kedatangan. Lebih jauh
               sistem  sudah  mulai  stabil  dan  memberikan   lagi,  sistem  antrean  ini  dapat  terhubung
               dampak yang baik bagi permohonan paspor        dengan    aplikasi   Sistem    Keimigrasian,
                   di Bali.                                   sehingga mempermudah  petugas  entry  dan
                      Kerja keras Ditjen Imigrasi dan semua   wawancara     dalam    memasukkan       atau
                   pihak yang terlibat mulai terlihat hasilnya.   merubah data pada tahap pemberkasan dan

                     10                                                           BhumiPura  Edisi VI
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15