Page 11 - Majalah Keimigrasian Bhumipura Edisi 2 Tahun 2018
P. 11

Perubahan  paradigma  pelayanan  di  masa      3.  Waktu Pelayanan;
               yang akan datang menuju  Customer-centric      4.  Biaya/ Tarif;
               public  service,  menuntut  penyelenggara      5.  Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan;
               pelayanan publik untuk dapat mengakomodir      6.  Kompetensi Pelaksana;
               masukan dan saran dari masyarakat. Hal ini     7.  Perilaku Pelaksana;
               diperlukan  untuk  meningkatkan  kualitas      8.  Maklumat Pelayanan; dan,
               pelayanan publik. Cope (2007) berpendapat      9.  Penanganan  Pengaduan,  Saran  dan
               bahwa  dalam  reformasi  pelayanan  publik        Masukan.
               para    penyelenggara    pelayanan    publik          Berdasarkan  pedoman  pelaksanaan
               haruslah meningkatkan perhatian dan fokus      tersebut,  Direktorat  Jenderal  Imigrasi  baik
               mereka terhadap kebutuhan masyarakat. Dia      melalui setiap Kantor Imigrasi maupun secara
               juga  mengemukakan  bahwa  kebutuhan           langsung  telah  melaksanakan  berbagai
               masyarakat haruslah menjadi prioritas dalam    kegiatan     survei    Indeks     Kepuasan
               setiap   perencanaan     kegiatan   maupun     Masyarakat. Sebagai contohnya melalui surat
               pengambilan keputusan.
                                                              Direktur  Jenderal  Imigrasi  No.  IMI.1-
                      Di  Indonesia,  pelaksanaan  survey     UM.01.01-3714 tanggal 22 September 2017
               Indeks  Kepuasan  Masyarakat  berpedoman       perihal  pengumpulan  data  dalam  rangka
               pada  Peraturan  Menteri  Pendayagunaan        pengukuran  Indeks  Kepuasan  Masyarakat
               Aparatur  Negara  dan  Reformasi  Birokrasi    Ditjen  Imigrasi.  Melalui  surat  tersebut,
               No.16 Tahun 2014. Dalam peraturan tersebut     Direktur  Jenderal  Imigrasi  mengamanatkan
               diatur bahwa pelaksanaan Survey Kepuasan       setiap  Kantor  Imigrasi  untuk  melaksanakan
               Masyarakat  harus  dilaksanakan  oleh  setiap   kegiatan  pengumpulan  data  terkait  Indeks
               penyelenggara  pelayanan  publik  paling       Kepuasan     Masyarakat.     Hal    tersebut
               sedikit sekali setiap tahun. Pedoman tersebut   menunjukkan  bahwa  Direktorat  Jenderal
               juga  mengatur  tentang  9  (sembilan)  ruang   Imigrasi telah berupaya untuk mengevaluasi
               lingkup   pertanyaan    Survey    Kepuasan     penyelenggaraan  pelayanan  keimigrasian
               Masyarakat yang meliputi antara lain:          dalam  rangka  meningkatkan  pelayanan
                                                              kepada  masyarakat  melalui  survey  Indeks
               1.  Persyaratan;
               2.  Prosedur;                                  Kepuasan Masyarakat.
                                                                     Namun dalam pelaksanaannya, untuk
                                                              memperoleh     data    yang    akurat   dan
                                                              mencerminkan      situasi   sebenarnya    di
                                                              lapangan, Direktorat Jenderal Imigrasi perlu
                                                              lebih memperhatikan keabsahan data dalam
                                                              survey   Indeks    Kepuasan     Masyarakat.
                                                              Pelaksanaan  survey  Indeks  Kepuasan
                                                              Masyarakat    yang    dilaksanakan    dalam
                                                              tingkatan  pelaksana  sangatlah  rentan
                                                              terhadap    manipulasi    data    survey.
                                                              Manipulasi  data  sering  dilakukan  untuk

               BhumiPura Edisi II                                                                   11
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16