Page 10 - Majalah Keimigrasian Bhumipura Edisi 2 Tahun 2018
P. 10

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat Dan Pelayanan Keimigrasian


                                                              beberapa Kantor Imigrasi, serta penggunaan
                                                              teknologi informasi untuk mengatasi masalah
                                                              antrian   pemohon     paspor.   Selain   itu,
                                                              Direktorat  Jenderal  Imigrasi  pun  terus
                                                              melakukan  evaluasi  terkait  penyelenggaran
                                                              pelayanan Keimigrasian. Salah satunya yaitu
                                                              dengan  cara  menyelenggarakan  survei
                                                              Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kepada
                                                              para pemohon jasa keimigrasian pada setiap
                                                              Kantor Imigrasi.
                      Undang-Undang No. 25 Tahun 2009                Survei Indeks Kepuasan Masyarakat
               tentang  pelayanan  publik  menjadi  sebuah    (IKM)  merupakan  suatu  instrumen  untuk
               tonggak  baru  pelayanan  publik  yang         melaksanakan  evaluasi  terhadap  kinerja
               professional    di    Indonesia.    Dengan     suatu  instansi  dalam  hal  ini  penyelenggara
               disahkannya  Undang-undang  tersebut  para     pelayanan publik. Menurut Pedoman Umum
               institusi  penyelenggara  pelayanan  publik    Penyusunan  Indeks  Kepuasan  Masyarakat
               secara hukum berkewajiban untuk melayani       Unit  Pelayanan  Instansi  Pemerintah  tahun
               dan  memenuhi  hak  serta  kebutuhan  setiap   2004,    indeks    kepuasan      masyarakat
               warga  negara  atas  barang,  jasa,  dan/atau   merupakan  tolok  ukur  kualitas  pelayanan
               pelayanan administratif yang disediakan oleh   yang  menjadi  acuan  bagi  pimpinan  tiap
               penyelenggara  pelayanan  publik.  Undang-     penyelenggara pelayanan untuk mengetahui
               undang  tersebut  tidak  hanya  mengatur       kinerja masing-masing unit pelayanan. Mote
               perihal  hak  dan  kewajiban  penyelenggara    (2008)  dalam  tulisannya  terkait  dengan
               pelayanan  publik,  tetapi  juga  mengatur     analisis   indeks   kepuasan    masyarakat,
               penyelenggaraan  pelayanan  publik  dan        berpendapat  bahwa  evaluasi  terhadap
               mekanisme  evaluasi  terhadap  pelayanan       penyelenggaraan  pelayanan  publik  perlu
               publik yang diberikan kepada masyarakat.       dilakukan untuk menilai tingkat keberhasilan
                      Direktorat  Jenderal  Imigrasi,  selaku   terkait  pelaksanaan  tugas  dan  fungsi  para
               salah satu institusi penyelenggara pelayanan   penyelenggara     pelayanan    publik.   Hal
               publik  khusus  di  bidang  Keimigrasian,  juga   tersebut   diperlukan   untuk   menjamin
               memiliki   kewajiban    untuk   memberikan     terpenuhinya  hak-hak  masyarakat  atas
               pelayanan  publik  yang  professional,  dan    pelayanan publik yang diberikan.
               akuntabel.    Demi  mewujudkan  hal tersebut,         Selain  hal  tersebut,  pelaksanaan
               Direktorat    Jenderal     Imigrasi    telah   survei  Indeks  Kepuasan  Masyarakat  juga
                   melaksanakan  berbagai  upaya  untuk       merupakan      suatu    mekanisme      untuk
                   meningkatkan      pelayanan      kepada    menghimpun  masukan  dari  masyarakat
                   masyarakat     antara    lain    dengan    terkait  pelayanan  yang  mereka  harapkan.
                   peresmian  Unit  Layanan  Paspor  pada
                     10                                                            BhumiPura  Edisi II
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15