Page 14 - bhumipura_edisi_6_2017_rev2
P. 14

BERITA DIREKTORAT



                                                               Panitia Kegiatan mengatakan melalui
                                                               bulan  pelayanan  dalam  menyambut  Hari
                                                               Dharma  Karyadhika,  ketiga  Ditjen  yakni
                                                               AHU, Imigrasi dan KI sudah melakukan
                                                               beberapa terobosan.
                                                               Cucu mengungkapkan Ditjen Imigrasi
                                                               sendiri  melakukan terobosan  dengan
                                                               kemudahan membuat paspor melalui
                                                               mobil paspor keliling. Mobil  ini memperluas
                                                               jangkauan      sekaligus     memudahkan
                                                               masyarakat untuk mengakses layanan
            proses serta kurang handalnya pegawai              terutama bagi mereka yang berada di
            pemerintah dalam merespon aduan masyarakat.        wilayah padat macet. Kini, masyarakat
            Berbagai hal tersebut jelas harus ditindaklanjuti   tidak perlu menembus kemacetan untuk
            melalui perbaikan pelayanan publik dan birokrasi   sampai di kantor Imigrasi melainkan cukup
            yang digalakkan oleh pemerintah saat ini.          menunggu mobil paspor keliling untuk
                                                               sampai ke wilayah tempat tinggal mereka.
                    “Presiden  Jokowi memberikan  amanat
            untuk melakukan perubahan dalam pelayanan                  Kemudian, Ditjen AHU sudah
            publik. Beliau mengatakan saat ini masyarakat      menggunakan teknologi berbasis  online
            sudah semakin kritis terhadap pelayanan yang       yakni AHU Online dalam memberikan
            diberikan pemerintah dan bisa bersaing dengan      pelayanan publik kepada masyarakat.
            swasta,” ujarnya.                                  Sementara, Ditjen KI menggunakan
                                                               teknologi      dan     informasi     dalam
                    Adapun pembenahan yang dilakukan           menyediakan pelayanan merek, paten dan
            Kemenkumham yaitu memanfaatkan acara               disain industri.
            nasional maupun internasional dalam rangka         “Semua yang dilakukan Kemenkumham
            memperkenalkan        pelayanan     publik    ke   ini demi memberikan kemudahan kepada
            masyarakat dan membangun layanan berbasis          masyarakat. Adanya pelayanan cepat akan
            online. Seluruh jajaran Kemenkumham terus          memudahkan masyarakat,” jelasnya.
            dipacu untuk melahirkan berbagai inovasi           Sementara itu, pelayanan  Keimigrasian
            berbasis sistem dan teknologi untuk pelayanan      berupa penerbitan paspor dibuka mulai
            yang lebih baik, efektif dan efisien. Layanan      pukul 8 pagi hingga 12 siang. Berdasarkan
            berbasis online menjadi salah satu fokus utama.    pantuan, terdapat 120 pemohon yang
            “Layanan terintegrasi online akan terus            mendaftar permohonan paspor  pada
            dikedepankan Kemenkumham agar bisa lebih           hari  itu. Di  tempat tersebut pemohon
            memudahkan masyarakat. Kecepatan layanan           melakukan proses verifikasi dokumen,
            harus diutamakan demi kebutuhan masyarakat         wawancara dan foto. Selanjutnya pemohon
            sesuai dengan regulasi yang berlaku. Kepada        membayar di bank dan mengambil paspor
            masyarakat diharapkan memberikan masukan           di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat.
            kepada pelayanan yang sudah kami lakukan,”         (mfs)
            ungkapnya.
            Sementara itu Direktur Lalu Lintas Keimigrasian
            Ditjen Imigrasi, Cucu Koswala selaku Ketua


            14        | Edisi 6  Tahun  2017
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19