Page 5 - Majalah Bhumipura Edisi 4 Tahun 2017
P. 5

DARI REDAKSI



                 GIAT DIREKTORAT JENDERAL IMIGRASI


                    TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN

                                          DI LUAR NEGERI



                     imanapun berada, perwakilan kantor Imigrasi Republik Indonesia berkewajiban untuk
                     memberikan layanan publik yang pasti dan berkualitas. Komitmen ini terus dijaga
                     oleh kantor perwakilan Direktorat Jenderal Imigrasi di berbagai belahan dunia dunia.
           DJumlah WNI berdomisili di luar wilayah Republik Indonesia yang terus meningkat
            begitu halnya peningkatan jumlah WNA yang berkunjung ke Indonesia dengan berbagai tujuan
            dan latar belakang menuntut pelayanan keimigrasian yang lebih efisien dan efektif. Bukan hal
            yang mudah bagi segenap jajaran Imigrasi untuk memberikan pelayanan prima namun giat
            melakukan inovasi dan terobosan pelayanan terus digaungkan dan telah berbuah manis.
                    Kegiatan Pembekalan Keimigrasian Bagi Pejabat Dinas Luar Negeri (PDLN) Dan Pejabat
            Perbantuan (Atase/Staf Teknis) Yang Akan Ditempatkan Pada Perwakilan RI mengawali proses
            panjang bakti diri jajaran Imigrasi untuk melayani WNI dan WNA yang membutuhkan layanan
            keimigrasian Indonesia. Secara khusus, Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F. Sompie menegaskan
            pembenahan SIMKIM yang kini dapat dioperasikan di 30 (tiga puluh) kantor perwakilan
            Republik Indonesia menunjang kinerja Imigrasi Indonesia di luar negeri untuk memberikan
            layanan  terbaik.

                    Peningkatan layanan terus diupayakan termasuk oleh perwakilan Republik Indonesia
            di kawasan Eropa Timur. Melalui kegiatan khusus bertajuk Sosialisasi dan Bimbingan Teknis
            Peningkatan Pelayanan dan Perlindungan WNI di Kawasan Eropa Timur, perwakilan RI di wilayah
            ini berkomitmen untuk selalu ada memberikan layanan bagi setiap WNI yang membutuhkan.
            Di belahan bumi yang lain, tepatnya di Seoul, Sugito, Atase Imigrasi Kedutaan Besar Republik
            Indonesia untuk Korea Selatan dengan bangga meluncurkan Dashboard Sebaran  Warga
            Negara Indonesia di Wisma KBRI Seoul. Dashboard yang berfokus pada TKI ini berfungsi untuk
            mendeteksi WNI menetap maupun kunjungan dan transit.


                    Kiprah jajaran Imigrasi di dalam negeri tidak kalah membanggakan. Bahkan, secara
            khusus kualitas layanan Paspor bagi WNI mendapat apresiasi dari Kemenpan RB.  Keandalan
            Imigrasi dalam merespon kebutuhan dan keluhan masyarakat baik di dalam maupun luar
            negeri mendapat acungan jempol.

                    Penghargaan Opini WTP yang disabet oleh Kemenkumham menambah daftar prestasi
            yang berhasil diperoleh melalui  penyelenggaraan  tugas dan  fungsi yang  transparan dan
            akuntabel. Dalam rangka mempertahankan Opini WTP, Sistem Interkoneksi SIMPONI untuk
            Layanan Ijin Tinggal akan memberikan dukungan luar biasa terhadap pengelolaan pelayanan
            dan keuangan yang akuntabel dan telah terbukti bermanfaat bagi kementrian dan lembaga
            dalam mengadministrasikan, memonitor dan mengevaluasi PNBP yang dikelolanya. Satu lagi
            inovasi bermanfaat yang mendukung kinerja lembaga.



                                                                                     Edisi 2 Tahun  2017 |  5
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10