Page 5 - Majalah Bhumipura Edisi 3 Tahun 2017
P. 5

DARI REDAKSI



              PELAYANAN KEIMIGRASIAN YANG PRIMA


                                            DI SETIAP LINI






                        elayani dengan hati, komitmen seluruh jajaran Direktorat Jenderal Imigrasi Republik
                        Indonesia di dalam dan luar negeri untuk terwujudnya pelayanan publik yang
                        prima. Menyadari kebutuhan publik akan layanan keimigrasian terus meningkat
           Msetiap tahun, Ditjen Imigrasi terus melakukan pembenahan di berbagai sektor
            demi tercapainya kepuasan dan kepercayaan publik.  Tahun 2017 telah menjadi saksi bisu
            ditorehkannya sejumlah prestasi terkait layanan keimigrasian baik yang patut diapresiasi.
            Dimulai dari salah satu sudut wilayah di Pulau Sumatera, tepatnya di Tanjung Balai Karimun,
            inovasi melalui peresmian penggunaan Anjungan Paspor Mandiri (APM) mengawali
            perubahan menuju ke arah yang lebih baik bagi seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung
            Balai Karimun. Masih di tanah Sumatera, kali ini giliran Kantor Imigrasi Kelas I Pangkal Pinang
            membuat gebrakan yang memanfaatkan kegiatan olahraga rutin bersepeda sebagai kedok
            penyamaran dalam pengawasan orang asing di wilayah kerja.


                    Sejumlah inovasi lain yang tidak kalah mengundang perhatian karya jajaran Ditjen
            Imigrasi diantaranya aplikasi antrean paspor secara online melalui website dan aplikasi telepon
            pintar Android untuk mengatasi permasalahan antrean paspor, layanan imigrasi yang paling
            kerap digunakan oleh penduduk di Indonesia.


                    Masih di tahun yang sama, kantor perwakilan Imigrasi di luar negeri juga tidak mau
            kalah aksi dengan meluncurkan beberapa inovasi pelayanan publik yang manfaatnya dirasa
            sangat besar. Bahkan aplikasi yang diluncurkan oleh perwakilan Imigrasi di Jerman dikenal
            sebagai LaDi (aplikasi Lapor Diri) berhasil terpilih sebagai Top 40 dalam Kompetisi Inovasi
            Pelayanan Publik (SINOVIK) 2017 yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur
            Negara dan Reformasi Birokrasi. Di belahan dunia yang lain tepatnya di kota Sydney, Australia,
            KJRI telah mengoperasikan mobile unit untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia
            yang membutuhkan pelayanan keimigrasian.

            Terlepas dari berbagai inovasi layanan berbasis teknologi yang telah beroperasi di sejumlah
            kantor Imigrasi baik di dalam atau luar negeri, terdapat satu kunci lain yang terus menjadi
            fokus pembenahan Ditjen Imigrasi yakni terkait SDM. Penegakan disiplin PNS memegang
            kunci penting dalam proses optimalisasi pemberian layanan keimigrasian bagi siapapun yang
            membutuhkan sehingga tercapai pelayanan yang PASTI di setiap lini.












                                                                                     Edisi 2 Tahun  2017 |  5
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10