Page 11 - Majalah Bhumipura Edisi 3 Tahun 2017
P. 11

KANIM BERKARYA


                                                                   Tidak hanya dapat diletakkan di kantor
                                                                   imigrasi tetapi juga di pos-pos Imigrasi
                                                                   di tempat lain yang mudah dijangkau
                                                                   masyarakat. Hal ini memberikan akses
                                                                   yang lebih mudah bagi pemohon
                                                                   untuk menggunakan APM mengingat
                                                                   APM berada tidak jauh dari tempat
                                                                   tinggal mereka.

                                                                          APM dapat menghemat jumlah
                                                                   petugas karena sebagian pekerjaan
                                                                   dilakukan oleh pemohon secara
                                                                   mandiri dan menambah kapasitas
                                                                   pelayanan  yang  sebelumnya  2  orang
                                                                   petugas melayani 6 orang dalam
                                                                   1 booth, menjadi 2 orang petugas
                                                                   melayani 8 orang dalam 2 booth. APM
                                                                   juga terbukti efektif dalam memangkas
                                                                   interaksi antara petugas dengan
                                                                   pemohon  sehingga  mempersempit
                                                                   terjadinya percaloan internal. Dengan
                                                                   menggunakan APM, pemohon dapat
                                                                   melakukan memilih sendiri waktu
                                                                   kedatangan untuk wawancara dan
                                                                   pengambilan foto serta sidik jari. Selain
                                                                   itu, pemohon tidak perlu mengisi
                                                                   formulir Perdim 11.


                                                                          Berdasarkan Surat Persetujuan
            yang seharusnya bisa memilih waktu yang                Dirjenim    No.   IMI.2-UM.01.01-0761
            bersamaan. Mekanisme pemblokiran kesisteman            Tanggal 8 Mei 2017 hingga  Tanggal
            APM dilakukan oleh petugas wawancara. Setelah          10 Juli 2017, APM telah di ujicobakan
            melakukan pemanggilan 2 kali yang berdurasi 2          kepada     2.796   pemohon.     Secara
            menit, pemohon tersebut tidak dapat melakukan          umum dalam pelayanan pemberian
            permohonan kembali melalui unit APM selama             paspor     baru    dan    penggantian
            30 hari sejak hari pemblokiran. Namun pemohon          paspor pada Kantor Imigrasi Kelas II
            tersebut  tetap  dapat mengajukan permohonan           Tanjung Balai Karimun menunjukkan
            paspor melalui OSS.                                    peningkatan. Semula hanya dapat
                                                                   melayani 60-74 pemohon perhari,
                    Dengan berbagai fitur dan sistem berbasis      namun     kini   pelayanan     menjadi
            teknologi  yang  canggih,  APM  dinilai  dapat         meningkat menjadi 121 pemohon
            memberikan sejumlah nilai lebih. APM tidak             perhari dengan dioperasikannya APM.
            bertabrakan dan mengganggu sistem aplikasi SPRI        Secara prosentase terjadi peningkatan
            yang di miliki oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.      sebesar 172,85% pelayanan perhari.


                                                                                     Edisi 2 Tahun  2017 |  11
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16