Page 10 - Majalah Bhumipura Edisi 3 Tahun 2017
P. 10

KANIM BERKARYA



                                                             yang     menjadi     polemik     masyarakat
                                                             kabupaten Karimun dan semua tempat yaitu
                                                             permasalahan antrian yang tidak efektif dan
                                                             efisien  yang  melelahkan.  Mengingat  letak
                                                             geografis Kabupaten Karimun yang memiliki
                                                             249 kepulauan, dengan adanya APM dapat
                                                             menghemat  waktu  dan  biaya  perjalanan
                                                             masyarakat

                                                                     APM adalah unit pelayanan melalui
                                                             seperangkat personal computer  dan
                                                             pemindai yang ditempatkan pada Kantor
                                                             Imigrasi dan atau pada daerah tertentu yang
                                                             berjauhan dengan Kantor Imigrasi, sehingga
                                                             pemohon dapat melakukan pengisian dan
                                                             pemindaian  data  dirinya  secara  mandiri
                                                             dalam mengajukan permohonan paspor
                                                             baru  atau  penggantian  paspor  (pengisian
                                                             data tidak dilakukan oleh petugas).

                                                                     Kesisteman APM ini dirancang
                                                             sebagai  program  yang  aplikatif  dan
                                                             interaktif.  Program  ini  dilengkapi  dengan
                                                             panduan secara virtual, visual dan audio
                                                             sehingga     mudah      dioperasikan    oleh
                                                             pemohon paspor. Pelayanan melalui APM
                    Anjungan    Paspor    Mandiri    (APM) dibuka 24 jam nonstop. Proses penginputan
            yang merupakan Proyek Perubahan sebagai  data, penetapan waktu pengambilan foto
            syarat kelulusan Pendidikan dan Pelatihan  dan sidik jari dilakukan dan dipilih langsung
            Kepemimpinan  Tingkat III yang berbasis  oleh pemohon.  Walaupun di buat secara
            “e-Gov Pasti Nyata” sesuai dengan program  kesisteman, APM juga dirancang untuk dapat
            Kementerian Hukum dan HAM RI. APM disebut  melakukan  wawancara  singkat  yang  biasa
            sebagai inovasi terbaru dan pertama di  dilakukan oleh petugas wawancara, dan
            Indonesia yang dirancang oleh Kepala Kantor  jika terdapat masalah ringan, APM ini akan
            Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun Bapak  memberikan solusi tambahan yang harus
            Mas Arie  Yuliansa Dwi Putra beserta jajaran  dipenuhi pemohon tanpa harus berinteraksi
            Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun  langsung dengan petugas.
            dalam upaya memberikan pelayanan  publik
            yang prima kepada masyarakat.                            Kesisteman    ini  juga    dirancang
                                                             untuk     memblokir     permohonan      bagi
                    Kesisteman APM di beri nama langsung  pemohon  yang tidak hadir  pada waktu
            oleh Kepala Kantor  Wilayah Kementerian  yang dipilih sendiri untuk melakukan foto
            Hukum dan HAM RI Kepri. APM dianggap  dan wawancara. Hal ini perlu dilakukan
            sebagai  solusi dari rangkuman  permasalahan  karena dapat merugikan pemohon lain


            10        | Edisi 2 Tahun  2017
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15